Kamis, 16 Juli 2009

Tips Mengamankan Facebook

Facebook seperti situs-situs jaringan social lainnya rentan terhadap scam, virus, spam dan lain-lain yang serba merugikan. Untuk sedikit mengamankan account bisa dibaca pada link berikut: http://www.facebook.com/security

Pada link tersebut dibahas mengenai isu keamanan di Facebook. Beberapa hal yang disampaikan antara lain:

* Waspadai pesan yang mencurigakan seperti pesan untuk melihat suatu video, gambar atau lainnya yang dihubungkan ke situs lain.

* Account yang terkena spam bisa mengirimkan ke jaringan temannya, apabila ini terjadi jangan di klik pada pesan tau link tersebut, beritahukan si pengirim dan beri tau jaringan teman.

* Menscan komputer pengguna sangat bermanfaat untuk mengantisipasi serangan, di link tersebut terdapat beberapa sumber virus scan dari web antivirus ataupun dari OS.

* Kebiasaan pengguna untuk selalu waspada dan melaporkan setiap email yang mencurigakan akan sangat membantu untuk menjaga keamanan jaringan social ini. Penggunaan password dengan kombinasi huruf angka dan special karakter akan membantu memperkuat keamanan account.

* Jangan pernah tampilkan tanggal lahir anda dan email anda di situs jaringan sosial semacam ini. Account kita bisa diambil oleh orang yang tidak bertanggung-jawab dengan sangat mudah.

* Manfaatkan fitur keamanan yang ada di facebook semaksimal mungkin. Pelajari setting account anda dengan teliti.

* Gunakan password yang berbeda untuk setiap account yang kita miliki. Untuk meningkatkan keamanan sebaiknya password merupakan kombinasi huruf, angka dan spesial karakter.

* Jangan pernah gunakan kartu kredit anda dalam jaringan seperti ini semisal membeli gift atau lainnya.

* Cara yang paling aman untuk bermain facebook adalah dengan membuat semua private dulu baru dibuka satu-satu sesuai kebutuhan.

Sumber : belajarfacebook.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar