Selasa, 22 Desember 2009

Tips Mengatasi Keputihan

Bagi para kaum hawa yang biasa mengalami keputihan, tentu hal ini membuat rasa tidak nyaman. Rasa yang gatal, panas, dan berbau tak sedap membuat aktivitas menjadi terganggu. Namun pada kondisi normal (seperti pada masa ovulasi, akibat rangsangan seksual, atau sesudah haid), merupakan hal yang biasa jika cairannya sedikit, bening, dan tidak berbau

Berbagai penyebab antara lain infeksi jamur Candida Albicans, Neisseria Gonorrhoea, dan Trichomonas Vaginalis. Bahkan kondisi psikologis juga mempengaruhi, seperti stress, kelelahan kronis, gangguan keseimbangan kronis, peradangan alat kelamin.

juga bisa menandakan adanya gejala penyakit dalam organ intim wanita, seperti kanker rahim, kanker leher rahim, atau berbagai jenis penyakit yang bisa saja menghinggap di tubuh wanita.

Ada beberapa tips yang perlu di ketahui untuk menghindari keputihan, antara lain :

1. Rajin membersihkan vagina. Terutama setelah buang air kecil, agar sisa-sisa kotoran tidak menempel pada mulut vagina. Usahakan agar vagina tetap kering, karena vagina yang lembab merupakan “tempat aman” bagi jamur untuk hinggap.

2. Sering mengganti celana dalam dan pembalut. Paling tidak 2-3 kali sehari, terutama jika keadaan celana dalam mulai terasa lembab. Bagi Anda yang sedang haid gantilah pembalut paling tidak 3 kali agar bakteri yang ada dalam darah haid tidak menempel pada vagina yang bisa menyebabkan infeksi.

3. Mencukur rambut vagina. Rambut yang tumbuh di sekitar vagina merupakan tempat kuman bergelantungan, cukur paling tidak 2 kali dalam satu bulan. Namun adalakalanya ada yang merasa kurang nyaman dengan diukurnya bulu kemaluan, paling tidak lakukan sebelum masa haid.

4. Jangan terlalu sering menggunakan sabun pembersih, karena sifat sabun yang basa bisa menghilangkan keasaman yang diperlukan pada vagina. Gunakan sabun pembersih yang tidak mengganggu keseimbangan pH disekitar vagina, salah satunya pembersih yang menggunakan bahan dasar susu yang dapat menjaga keseimbangan dan meningkatkan flora normal pada vagina.

5. Anda bisa menggunakan ramuan-ramuan tradisional dari bahan-bahan alam. Seperti daun sirih yang sejak dulu memang digunakan untuk mencegah dan mengobati , dan berbagai jenis penyakit. Khasiat daun sirih sebagai salah satu obat untuk mengobati teruji secara klinis di berbagai bidang kesehatan.

Caranya, ambil 2-4 lembar daun sirih, rebus dengan 2 liter air. Gunakan air rebusan daun sirih dicampur dengan sedikit air hingga hangat untuk membersihkan vagina.


Sumber :http://artikelindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar