Jumat, 31 Desember 2010

Tips Agar Ponsel Anda Terhindar Dari Virus

MESKI makin canggih, ponsel masih memiliki celah di sistemnya yang bisa disusupi program jahat seperti virus. Virus itu bisa mengganggu bahkan merusak kinerja ponsel.

Virus ponsel mudah menyebar. Biasanya menyebar lewat pertukaran data yang dilakukan secara bebas lewat Bluetooth.

Pintu virus lainnya, saat mengakses Internet. Dunia maya bisa jadi sumber virus ganas.

Virus juga menular saat mengakses kartu memori lewat card reader dan mengisinya dengan file dari ponsel lain atau dari komputer.

Nah, agar ponsel tak terinfeksi, ada baiknya menginstalasi aplikasi antivirus di ponsel.

Selain berfungsi untuk membersihkan virus, antivirus juga berfungsi sebagai tameng yang melindungi ponsel dari ganguan virus.

Berikut beberapa antivirus yang bisa Anda gunakan di ponsel:

Kaspersky Mobile Security
Kaspersky perusahaan antivirus asal Rusia. Kiprah perusahaan ini mulai dikenal luas pada tahun 2004 ketika mereka berhasil mendeteksi dan menghilangkan virus di ponsel bersistem operasi Symbian dan juga windows.

Selain memerangi virus, belakangan Kapersky melengkapi produk antivirus-nya dengan fitur-fitur baru. Ada Anti Theft Protection yang memungkinkan proteksi data-data penting seperti kontak, file, SMS dan e-mail agar terlindungi dari upaya pencurian data atau pun Firewall yang bertugas melindungi lalulintas data melalui koneksi internet.

Ada pula fitur Anti Spam yang mencegah masuknya pesan-pesan massal dan yang tidak diinginkan.

Aplikasi ini bisa dijalankan di ponsel Nokia dengan sistem operasi Symbian OS 9.1, 9.2, 9.3, 9.4 Series 60 dan Microsoft Windows Mobile 5.0, 6.0, 6.1, 6.5. Sayangnya, ini aplikasi berbayar. Tapi tenang saja, Anda bisa mendapatkan versi trial-nya kok.

Download: http://www.kaspersky.com

F-Secure
F-secure memiliki 3 buah produk untuk melindungi ponsel yaitu: F-Secure Mobile Antivirus for Business, F-Secure Mobile Antivirus dan F-Secure Mobile Security.

Secara umum ketiga produk ini memiliki kemampuan melakukan proteksi terhadap virus, worm dan trojan secara otomatis, real time dan transparan. Ketiga produk ini dilengkapi pula dengan firewall untuk melindungi ponsel dari penyusupan virus melalui koneksi internet.

F-Secure Mobile Security kompatibel dengan S60 3rd Edition. (symbian 9.x), S80, dan symbian UIQ. Sedangkan F-Secure Mobile Antivirus cocok digunakan di ponsel berbasis S60 2nd Edition (Ssymbian 7.x/8,x), S60 3rd Edition (Symbian 9.x), Windows 2003 for Socket PC dan Smartphone berbasis Windows Mobile 2003.

Download: http://www.f-secure.com

Symantec Mobile Security
Nama Symantec tak begitu asing di telinga pengguna komputer. Dengan antivirus bikinan Symantec ini, ponsel tak cuma terlindungi dari virus saja, tetapi juga koneksi nirkabel yang tidak dipercaya.

Aplikasi ini adalah proyek berbayar. Symantec hanya menyediakan waktu efektif penggunaan selama 2 tahun. Setelah kurun waktu itu, akan di update.

Meski berbayar, Symantec menyediakan versi gratis dengan masa pakai waktu tertentu.

Aplikasi ini dijalankan di ponsel dengan sitem operasi Symbian 9.1, 9.2, 9.3, 9.4 dan Microsoft Windows Mobile: 5.0, 6.0, 6.1, 6.5.

Download: http://www.symantec.com/norton/smartphone-security

Trend Micro Mobile Security
Sebagai perusahaan antivirus terbesar ketiga dunia, Trend Micro tidak mau ketinggalan. Perangkat genggam pun dirambah, terutama untuk ponsel-ponsel pintar berbasis Symbian dan Windows mobile.

Saat ini ada 3 produk Trend Micro yang diperuntukan khusus bagi pengguna ponsel yaitu: Trend Micro Mobile Security 3.0, Trend Micro Mobile Security 5.0 Standard Edition dan Tren Micro Mobile Security 5.0 Advanced Edition.

Aplikasi ini mampu mengkarantina dan menolak file yang mengandung virus serta ancaman lain. Tak cuma itu, aplikasi ini juga sanggup memproteksi ponsel dari dari pesan-pesan wap-push dan proteksi dari gangguan via Bluetooth.

Hebatnya, dengan fasilitas update yang fleksibel. Update bisa di lakukan melalui koneksi data dan nirkabel (Wifi, GPRS, EDGE, dll) atau dengan melakukan sinkronisasi dengan PC.

Produk Trend Micro Mobile Security kompatibel dengan sistem operasi: Microsoft Windows Mobile 5.0/Pocket PC, 6.0 Classic/Professional, Microsoft Windows Mobile 5.0/Smartphone, 6.0 Standard dan Symbian 9.1/S60 3rd Edition.

Download: http://forms.trendmicro.com/index.php?dom=apac&productID=100


dari Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar