Senin, 08 Februari 2010

Tips Mengamankan Data di Handphone

handphone lucuDengan semakin banyaknya pengguna handphone saat ini. Dan semakin canggihnya sebuah handphone dari hari ke hari. Maka memunculkan kekhawatiran bagi pengguna handphone yang mempunyai data-data pending di handphone,
apakah data data didalamnya bakal aman terjaga. Banyak sekali kasus kasus yang terjadi akibat pencurin data data di ponsel. Seperti foto foto atau video video pribadi yang tersebar keluar tanpa sepengatahuan pemiliknya.

Nah bagi anda pengguna handphone yang memiliki data-data penting di handphonenya. Bisa anda mencoba Tips Mengamankan Data di Handphone
:
  1. Pastikan selalu konektivitas dalam handphone anda. Bagi handphone yang canggih dan sudah dilengkapi dengan fasilitas bluetooth dan infra red. Jangan biarkan bluetooth atau infra red dalam handphone anda selalu dalam keadaan hidup (aktif). Karena kemungkinan akan dimasuki oleh sipencuri lewat konektivitas tersebut. Usahakan untuk mengubah pengaturan di handphone agar setiap kali menerima transfer data lewat bluetooth atau infra red, selalu minta persetujuan dari anda terlebih dahulu. Jika suatu kali anda menerima kiriman data dari bluetooth dan orang yang mengirim tersebut tidak anda kenal..tolak kiriman data tersebut.

  2. Handphone biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. Yaitu dengan menggunakan kode keamanan yang biasanya di sebut dengan PIN (Personal Identification Number). PIN ini berupa angka yang dapat anda buat sendiri. Selain kode PIN ada juga PIN2. PIN2 merupakan kode PIN yang berfungsi sebagai pelindung lapis kedua, biasanya dengan PIN2 anda dapat mengunci beberapa aplikasi yang ada di handphone. Jika beberapa kali salah memasukkan kode PIN,maka anda akan diminta memasukkan kode PUK (Personal Unblocking Key). Biasanya kode ini disediakan oleh masing masing operator.

  3. Backup semua data yang ada didalam ponsel kedalam komputer.hal ini untuk berjaga jaga apabila nanti data data didalam handphone hilang.

  4. Saat membawa handphone anda untuk di service, jangan lupa mencabut memory card yang ada didalam handphone. Ini untuk mencegah apabila nanti data memory card anda di copy oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

  5. Bagi anda yang memiliki handphone berkamera, usahakan jangan menggunakan kamera di handphone untuk mengambil gambar pribadi, karena tidak menutup kemungkinan orang orang akan berusaha untuk mengeksploitasi isinya.

  6. Saat akan menjual handphone anda. Hapus semua data di dalam handphone, kemudian periksa memory card, jangan sampai ada data yang tertinggal. Untuk lebih berjaga jaga lagi, coba untuk memformat memory card berulang ulang, karena dengan kita menformat memory berulang ulang akan menyebabkan data benar benar hancur(self-destruct)...karena sekarang ada software yang dapat membangkitkan lagi data yang telah terhapus dari memory card.

Selamat Mencoba....

1 komentar:

  1. tipsnya bagus nih... biasanya saya menyimpan password akun internet saya.. jadi harus dicoba...

    BalasHapus